Pengaruh Internet di Dunia Kedokteran…

November 23, 2010 at 2:48 pm (Uncategorized)

Diperkirakan setiap hari penggemar baru internet dapat mencapi jumlah ribuan, sehingga pada akhir tahun 2000 diharapakan tidak kurang dari 200.000.000 orang memanfaatkan internet. Pada saatnya nanti, prkatis saeluruh penduduk dunia akan memanfaatkan internet sebagaimana pesawat telpon sekarang.

Dengan adanya internet, dampak yang sudah mulai terasa adalah perubahan nilai-nilai hubungan sosial antar manusia. Melalui internet hubungan menjadi luas tanpa jarak, tanpa hambatan, tanpa sensor, tanpa memandang status sosial. Informasi, servis maupun segi-segi komersial dapat dicapai dari mana saja secara seimbang.

Dunia kedokteran tidak luput dari pengaruh perkembangan ini. Berbagai publikasi kini lebih mudah diperoleh, berbagai fasilitas pendidikan ataupun simulasi kedokteran sudah mulai bermunculan, baik untuk kalangan medis maupun khusus untuk pasien/orang awam. Dalam kurun tahun-tahun mendatang, pasti akan sebagai sarana sumber informasi, utnuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pengobatan pasien.

Dengan adanya kemajuan ini, maka salah satu akibatnya adalah peranan dokter sebagai sumber informasi untuk pasien menjadi tidak dominan lagi, karena segala informasi tentang penyakit dan penatalaksanaannya dapat diperoleh secara jelas dan lengkap melalui internet oleh siapa saja. Dokter yang tidak siap menghadapi pasien yang kritis dan telah berbekal ilmu secara baik akan terancam kredibilitasnya, bagaikan seorang guru yang belum pernah ke Luar Negeri menghadapi seorang murid yang telah melanglang buana di manca negara.

 

POTENSI INTERNET DALAM DUNIA KEDOKTERAN

1. KOMUNIKASI ELEKTRONIK
Dalam dunia kedokteran, khususnya lagi di bidang-bidang spesilis, perkemabgnan ilmu kedokteran dasar maupunterapan yang makin kompleks telah melahirkan adanya kebutuhan untuk saling bertukar informasi/pengalaman, karena sulit/tidak mungkin lagi seseorang menguasai seluruh bidang ilmu kedokteran secara utuh dan mendalam. Kebutuhan ini dari waktu makin meningkat, bukan saja dalam jumlah informasi, tetapi juga dalam kualitas isi/materinya.

2. AKSES INFORMASI KEDOKTERAN

DATABASE KEDOKTERAN
Internet mengandung sangat banyak database kedokteran yang bermanfaat bagi kalangan medis, namun sayangnya bahwa seluruh data/informasi kedokteran ini tidak mungkin dikompilasikan dalam satu daftar rujukan/referensi. Hal ini disebabkan karena kecanggihan internet sendiri

Dengan adanya kondisi seperti ini, walaupun semua data/informasi kedokteran dapat diperoleh, namun perlu dicari melalui bermacam-macam “search system” (SS). Kepentingan mencari melalui beberapa SS karena masing-masing SS melakukan pencarian data dengan pendekatan yang berbeda, satu beranjak dari “ kata kunci spesifik” . Lainnya dengan pendekatan geografis, dlsb. Disamping itu, data kedokteran yang dicari berasal dari bermacam-macam sumber, seperti antara lain Jurnal Kedokteran, Homepage suatu Universitas, Organisasi formal atau non-formal, ataupun homepage perorangan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: